Bank Aspirasi

Berisikan tentang kumpulan aspirasi dari mahasiswa beserta jawaban.

Sarana dan Prasarana

Apakah buku-buku perpustakaan FH bisa dibawa keluar untuk dipinjamkan ke mahasiswa melalui perpustakaan berjalan HSP?

Pihak Dekanat cukup mengerti dengan rencana baik yang dibawa oleh HSP. Namun menurut pihak Dekanat, akan sulit bila buku yang ada di Perpustakaan FH dikeluarkan untuk disalurkan melalui perpustakaan berjalan. Sebab, Dekanat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti buku yang sobek dan tidak dikembalikan. Sementara itu, Dekanat juga berpesan bahwa mahasiswa yang berkeinginan untuk membaca buku dapat langsung mengunjungi Perpustakaan FH Undip (tidak terbatas untuk mahasiswa luar pula).

Bagaimana tindak lanjut mengenai harga barang yang tercantum di standarisasi harga yang sudah tidak sesuai lagi dengan harga asli di lapangan?

Badan Anggaran SM FH Undip akan senantiasa berusaha untuk melakukan penyesuaian standarisasi harga dengan harga di lapangan. Di samping itu, mitra kerja terkait diharapkan dapat langsung mengkomunikasikan item-itemanggaran yang ternyata sudah tidak relevan dengan aslinya agar dapat mempercepat proses penyesuaian, Kemudian untuk standarisasi harga, akan dilakukan pembaharuan agar tetap mengikuti harga.

Bagaimana akurasi terhadap perihal beberapa barang yang sudah tidak sesuai dengan standarisasi harga?

Badan Anggaran SM FH Undip akan senantiasa berusaha untuk melakukan penyesuaian standarisasi harga dengan harga di lapangan. Di samping itu, mitra kerja terkait diharapkan dapat langsung mengkomunikasikan item-item anggaran yang ternyata sudah tidak relevan dengan aslinya agar dapat mempercepat proses penyesuaian.

Apakah sarana prasarana mengenai lampu dan CCTV dapat diakses dengan mudah pada kasus Kekerasan Seksual agar memiliki bukti yang akurat?

Mengenai hal tersebut di beberapa sudut di FH sekarang sudah dilengkapi dengan CCTV. Namun untuk tempat-tempat di luar FH memang terdapat yang belum terfasilitasi, begitupun dengan penerangan karena bukan lagi menjadi kewenangan Dekanat. Khusus untuk penerangan di luar FH, SM FH Undip melalui Komisi 4 akan mengkomunikasikannya dengan SM Undip agar dapat disampaikan kepada pihak stakeholders terkait.

Apakah bisa untuk menghadirkan asbak agar abu rokok tidak terbuang sembarangan di Serambi Aspirasi dan tempat-tempat outdoor sekitar FH? Karena di balkon Gedung A sekarang sudah tidak bisa dimanfaatkan

Pihak Dekanat menyarankan untuk mahasiswa dapat menggunakan bungkus rokok atau sisa bungkus makanan untuk dijadikan asbak sementara karena ditakutkan terdapat oknum-oknum yang menghilangkan fasilitas layaknya asbak.

Apakah dapat mengusulkan pembuatan tenda di depan gedung H dalam proses pembangunan kantin agar mahasiswa tidak perlu jauh-jauh dalam membeli makanan dan minuman?

Mengenai informasi yang telah diberikan oleh pihak Dekanat, kantin akan dibuka kembali pada sekitar bulan Juni nanti. Diharapkan bagi mahasiswa dapat membeli makanan di luar FH Undip untuk sementara waktu.

Apakah bisa mengenai akomodasi transportasi dan tempat tinggal bagi mahasiswa Jepara saat berada di Tembalang, rusunawa bisa dimanfaatkan?

Mengenai Rusunawa di Undip secara kewenangan diurus oleh Rektorat. Sehingga, pihak Dekanat pun tidak dapat menjangkaunya. Perihal demikian, akan tetap dibantu untuk disampaikan kepada stakeholders melalui SM Undip yang berkoordinasi dengan Komisi 4 SM FH Undip.Terkait kapasitas di Gedung A Fakultas Hukum Undip tidak dapat ditingkatkan karena telah sesuai dengan tempat dan keperluannya.

Apakah bisa kursi belajar Fakultas Hukum Undip diupgrade agar lebih nyaman dan kualitasnya lebih baik?

Saat ini mengenai kursi belajar di Fakultas Hukum Undip dalam tahap pengupayaan agar kualitas lebih baik dari pihak sarana prasarana.

Apakah dispenser persediaan air minum di Gedung PKM dapat ditambahkan selain di dalam pantry?

Terkait dispenser persediaan air minum di Gedung PKM akan kami sampaikan kepada pihak sarpras agar mendapat penambahan di masing-masing lantai yang tersedia di gedung PKM.

Fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran di kampus yakni lift yang hingga saat ini terdapat lift gedung A yang hanya sampai lantai 2 dan tidak ada pergerakan untuk diperbaiki, padahal terkait keluhan lift sudah sering dikeluhkan

Untuk saat ini terkait permasalaahan lift, pihak dekanat sudah mengetahui permasalah lift terkait kelanjutannya akan segera dilakukan karena ada beberapa prioritas dalam pembangunan atau perbaikan fasilitas

Transportasi Jepara -Tembalang semoga dapat diperbanyak

Terkait penambahan unit transportasi Jepara-Tembalang belum akan ada penambahan pada tahun ini

Birokrasi

Apakah peminjaman ruang podcast kedepannya juga dilakukan melalui website Senat atau tetap melalui Pak Andi?

Mengenai peminjaman ruangan termasuk ruang podcast dapat dilakukan sesuai dengan SOP Peminjaman Ruangan.

Bagaimana solusi mengenai kurangnya mendapat informasi siapa yang bertanggung jawab dalam proses pengiriman revisi proposal dan terlalu banyak pintu komunikasi?

Terkait dengan hal tersebut, kedepannya Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro akan berusaha lebih baik lagi dalam menjalin komunikasi dengan mitra kerja. Supaya memudahkan alur komunikasi antar keduanya dapat memanfaatkan grup koordinasi yang telah dibuat.

Bagaimana solusi yang dapat diberikan mengenai kurangnya responsif teman-teman masyarakat dan mahasiswa dan dalam pergerakan khusunya dilingkup kampus?

Mengenai partisipasi mahasiswa dalam pergerakan akan cukup sulit bila hanya disuarakan oleh beberapa orang saja. Sehingga, mekanisme pergerakan perlu untuk dilakukan oleh sebanyak mungkin pihak. Siapa tahu membantu, kawan-kawan HSP bisa mendalami teori “dua langkah” yang dicetuskan oleh Lazardsfeld.

Apakah proses birokrasi yang terlalu ber sesi-sesi dalam hal pengecekan oleh senat salah namun dalam BEM benar mendapat solusi?

Mengenai proses birokrasi tersebut Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro akan senantiasa berusaha membantu kawan kawan mitra kerja kedepannya. Harapannya, mitra kerja dapat langsung mengkomunikasikan kendala maupun kebutuhannya.

Bagaimana solusi atas kendala dalam proses birokrasi karena Dosen Pembimbing sulit untuk dihubungi?

Terkait hal tersebut Pihak Dekanat tidak menyangkal adanya dosen pembimbing yang sulit dihubungi dan diajak kerja sama. Walaupun sudah banyak dosen yang diingatkan, namun tetap saja di kemudian hari terulang kembali. Mengenai itu, Dekanat menyarankan UKM-F/Ormawa untuk tetap berusaha sebaik mungkin menjalin komunikasi dengan dospem terkait. Dalam menjalin komunikasi, diharapkan pula tidak mepet dan menggunakan cara-cara yang baik dan sopan.

Apakah bisa respon dekanat dalam hal birokrasi dapat ditingkatkan?

Dekanat berharap dapat merespon mahasiswa dengan sebaik mungkin. Namun karena terdapat kesibukan lain, tidak menutup kemungkinan juga pihak Dekanat agak kurang cepat dalam memberi respon. Kemudian, Dekanat berharap juga agar UKM-F/Ormawa/Mahasiswa ketika menghubungi Dekanat/Dosen tidak mepet dan mendadak dan selalu menggunakan bahasa yang baik.

Bagaimana SOP peminjaman lighting di FH?

Terkait dengan alur peminjaman lighting di FH sama seperti alur peminjaman properti lain, yakni dengan berkoordinasi langsung dengan Wakil Dekan Bidang Sumber Daya atau pihak yang membantunya.

Bagaimana tindak lanjut mengenai kendala birokrasi karena proposal belum disetujui sehingga terjadi keterlambatan sedikit dalam penyebaran menfess?

Bila birokrasi terkendala di Komisi 3, kedepannya mitra kerja terkait dapat langsung melakukan follow up melalui grup koordinasi. Bila birokrasi terkendala karena dosen pembimbing, kedepannya mitra kerja terkait dapat mengkomunikasikan ulang jauh-jauh hari kepada yang bersangkutan. Termasuk bila teman-teman membutuhkan bantuan SM FH Undip, bisa langsung mengkomunikasikannya.

Bagaimanakah terkait proses peminjaman ruangan yang masih belum di acc dan terdapat bentrok dalam penomoran surat izin peminjaman ruangan?

Terkait proses peminjaman ruangan sudah di acc dan dapat dilaksanakan.

UKM serta bidang sosial BEM rata rata akun anggarannya merupakan bahan sembako sehingga mohon di advokasikan terkait hal tersebut kepada pihak keuangan

Saat ini rekan-rekan ormawa dapat mengajukan Surat Pertanggung Jawaban akun anggaran berupa sembako

Akademik

Bagaimana tindak lanjut mengenai sistem block yang dianggap cukup menyulitkan di Kampus Jepara?

Sistem block Kampus Jepara akan tetap dilakukan dan belum ada rencana perubahan dari Pihak Dekanat. Sistem ini akan tetap dilakukan hingga kuantitas dosen terpenuhi dan dalam pemenuhan kuantitas dosen tetap dilakukan, tetapi akan memerlukan waktu yang cukup lama.

Bagaimana tindak lanjut mengenai sistem penilaian baru di Fakultas Hukum yang berubah saat mendekati pelaksanaan UTS?

Terkait sistem penilaian yang baru ini dapat disesuaikan kembali dengan dosen masing-masing sesuai dengan kurikulum yang baru.

Mengenai libur lebaran dan pelaksanaan UTS apakah sudah ada informasi lebih lanjut?

Pelaksanaan UTS sekitar tanggal 22 April - 30 April 2024 untuk program studi S1 kampus Utama (Tembalang) dan IUP sedangkan untuk kampus sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan. Sedangkan libur lebaran mahasiswa S1 sedari tanggal 6 April - 15 April 2024